Sekolah MCTA Myanmar

Menjelang berakhir masa tugas di IISY, penulis berkesempatan mengunjungi sekolah internasional Mandalay Chan Tar Academy (MCTA) di kota Mandalay untuk yang kedua kalinya. Dari penampilan fisiknya, makin nampak bahwa pengelola, dalam hal ini RV Centre! Singapura, serius dalam menyelenggarakan pendidikan berstandar internasional. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya sertifikat yang dikeluarkan oleh lembaga akreditasi internasional kepada sekolah yang bersangkutan. Cambridge University, lembaga utama pemberi wewenang penyelenggaraan ujian IGCSE, adalah konsultan utama dalam hal pengawasan kualitas penyelenggaraan pendidikan.

Selain itu, RV Centre juga membuka sekolah internasional sejenis di kota-kota besar negara Asia Tenggara lain seperti Vietnam dan Laos. Yah, Singapura, negeri kecil nan kreatif. Mereka kelola dan jual jasa ke negera-negara lain untuk bertahan hidup. Salut!

Pada kunjungan kedua ini, ungkapan “Luar biasa!”, (dalam hati) spontan muncul. Perjalanan itu sekaligus menumbuhkan pertanyaan-pertanyaan “Seberapa jauh sekolah-sekolah di tanah air yang berlabelkan ‘international’ atau hanya sekedar RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional) telah melangkah untuk mendekati standar MCTA?”, “Internasionalnya sekolah di tanah air itu di bagian mananya?”. Nada pesimis bagi jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut, karena terlalu sering mendengar kabar bahwa RSBI itu adalah sekolah yang biayanya mahal tetapi standar masih biasa-biasa saja. Bahasa Inggris hanya “Good Morning” di awal dan “Good Bye” di ujung, di tengah-tengah mungkin masih campuran Bahasa Indonesia dan bahasa daerah. Ah, ini mah hanya keraguan dan suudzon saja. Mudah-mudahan tidak seperti itu. Lha, yang nulis sendiri belum pernah mengunjungi apalagi nongkrong dan mengikuti proses Kegiatan Belajar Mengajar di kelas bertaraf internasional ala tanah air itu. Masih perlu pembuktian bahwa terdapat korelasi positif antara sekolah berbiaya mahal (atau internasional) dengan kualitas lulusan yang dihasilkan.

Untuk sekedar memberikan informasi, secara visual, tongkrongan salah satu sekolah internasional yang dikelola serius oleh RV Centre, pada blog ini ditampilkan slide di halaman galeri berjudul Sekolah Internasional MCTA. Silakan berjalan-jalan secara imajiner. Silakan bayangkan dan bandingkan dengan sekolah-sekolah di tanah air (tepatnya di daerah-daerah) yang dengan pede mencantumkan label “international”. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s