Guru dalam SIMP

PERANAN GURU TERKAIT DENGAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENDIDIKAN (SIMP)DI SEKOLAH

Sutarman

  1. Perkembangan Teknologi dan Informasi

Perkembangan peradaban manusia tidak terlepas dari pengaruh perkembangan teknologi, ekonomi, kedokteran, kesusasteraan dan sebagainya. Dari sekian faktor yang berpengaruh, perkembangan teknologi memegang peranan dominan terhadap terjadinya perubahan kehidupan manusia ke arah lebih maju.

Futurolog Alvin Toffler (Eko Nugroho, 2008) membagi kemajuan peradaban umat manusia ke dalam empat tahapan yang disebut gelombang 0, gelombang 1, gelombang 2, dan gelombang 3. Pembagian tahapan tersebut mengacu pada penemuan-penemuan revolusioner di bidang teknologi. Gambar di bawah menunjukkan perkembangan tersebut.

Gelombang Teknologi

Pada gelombang 0, belum terdapat perkembangan teknologi di mana manusia sepenuhnya masih bergantung kepada alam. Pada tahapan ini tidak terjadi revolusi yang memungkinkan manusia untuk memanipulasi alam bagi kepentingan kehidupan. Jumlah manusia masih terbatas, lahan masih terbentang luas untuk dieksplorasi tanpa menimbulkan friksi antar penduduk.

Tahapan berikutnya, pemikiran manusia berkembang dalam kerangka menghasilkan kebutuhan sehari-hari dengan lahan yang semakin terbatas karena pertambahan jumlah penduduk. Peradaban manusia memasuki gelombang 1 yaitu masa bercocok tanam. Konsep produktivitas, dan tenaga kerja mulai dikenal di mana, produktivitas merupakan fungsi dari tenaga kerja,

P = f (T)

di mana     P : Produktivitas

T : Tenaga kerja

Pada saat itu, semakin banyak tenaga kerja yang dimiliki maka semakin produktif lahan yang dimiliki.

Gelombang 2 diawali dengan penemuan mesin uap oleh James Watt pada abad ke-18 di Eropa. Penemuan ini memicu terjadinya revolusi industri yang memungkinkan tenaga kerja manusia digantikan oleh tenaga mesin. Keadaaan ini mengubah peradaban seluruh umat manusia di dunia. Pada saat itu, orang yang memiliki modal akan memiliki sumber daya cukup untuk membeli mesin produksi dan membayar tenaga kerja. Sehingga konsep produktivitas berkembang dan dinyatakan sebagai fungsi dari tenaga kerja dan modal.

P = f (T, M)

Di mana   P : Produktivitas

T : Tenaga kerja

M : Modal

Gelombang 3, adalah berkembangnya kesedaran bahwa diperlukan ilmu pengetahuan untuk mengelola modal guna mencapai kesejahteraan hidup. Pada tahapan ini, orang-orang dengan ilmu pengetahuan tinggi memperoleh kesempatan untuk menduduki posisi lebih tinggi di masyarakat. Sehingga konsep produktivitas dapat dijabarkan dalam notasi

P = f (T, M, I)

di mana   P : Produktivitas

T : Tenaga kerja

M : Modal

I : Ilmu Pengetahuan

Pada perkembangan terakhir inilah terjadi lompatan kemajuan ilmu pengetahuan, termasuk di dalamnya perkembangan teknologi informasi. Dunia sekarang bergerak ke arah integrasi global di mana batas-batas negara dan bangsa menjadi bukan merupakan hambatan bagi gerak manusia. Arus informasi mengalir dengan begitu cepat melalui perangkat multi media. Era cyber space ini memungkinkan manusia-manusia yang memiliki kecerdasan mengelola informasi akan menjadi pemimpin peradaban. Kelompok-kelompok organisasi dengan sumber daya pengetahuan yang tinggi memiliki peluang untuk menguasai sumber ekonomi dan mengendalikan jalannya sejarah.

….

Artikel lengkap silakan unduh di:

Peranan Guru dalam SIMP